banner 140x600
banner 140x600
PENDIDIKAN/KESEHATANSWARA DAERAH

Pemkab Halsel Gelontorkan Rp 3 Miliar Khusus Penanganan Covid-19

55
×

Pemkab Halsel Gelontorkan Rp 3 Miliar Khusus Penanganan Covid-19

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Halsel – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) gelontorkan anggaran sebesar Rp. 3 miliar sebagai bentuk keseriusan dalam pencegahan dan penangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Halsel.

Tim Gusus Tugas pencegahan Covid-19 Halsel saat melakukan konferensi pers

Hal tersebut disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Halsel, Helmi Surya Botutihe selaku juru bicara (Jubir) Pemkab didampingi Daud Djubedi Ketua Tim dan Kepala Dinas Kesehatan Hj. Hasna Muhammad, dalam konferensi pers yang dilangsungkan di Posko Utama Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang bertempat pada ruang Aula Kantor Bupati, Selasa (24/03/2020).

Menurut Helmi, Pemda sangat serius dalam menangani wabah Covid-19 di Halsel dengan mengalokasikan anggaran khusus penanganan sebesar Rp 3 miliar untuk penanganan Covid-19.

“Anggaran tersebut diperuntukkan khusus penyediaan fasilitas kesehatan baik untuk penanganan di dalam daerah maupun alat transportasi rujukan, pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan untuk biaya operasional lainnya,” tutur jubir Pemkab Halsel.

Apabila lanjut orang nomor tiga Pemkab Halsel, anggaran itu kurang, Pemda siap mengalokasikan lagi. Untuk ittu diharapkan kepada masyarakat agar tidak khawatir dengan ancaman seperti kurangnya fasilitas medis di Halsel,” ujarnya.

Helmi juga mengakui, sebagai langkah pencegahan penyebaran mewabahnya Covid-19, Pemkab Halsel telah menyurat kepada pengusaha kapal swasta terkait pembatasan jadwal berlayar dan penjualan tiket.

Helmi juga menegaskan, “dalam rangka memperketat pengawasan, Pemda telah mengagendakan untuk melakukan pertemuan dengan 30 Camat dan Kepala Desa se- Halsel pada pukul 09.00 WIT besok di Posko Utama sekaligus pembentukan satgas Kecamatan dan Desa,” paparnya.

Dan sesuai dengan hasil koordinasi dengan TNI dan Polri, area penambangan di Kusubibi terpaksa ditutup guna pencegahan Covid-19, sebab banyak orang dari luar daerah yang datang untuk melakukan penambangan itu bisa menambah resiko penyebaran Virus.

” Jadi daerah tersebut sudah harus dikosongkan paling lambat Minggu depan,” kata Helmi.

Dia juga menambahkan, data sementara ini warga Halsel belum ada yang terinfeksi Covid-19, untuk itu Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, usahakan selalu berada dirumah, hindari tempat keramaian dan jangan melakukan kumpul-kumpul yang mengakibatkan keramaian karena akan ditindak tegas oleh pihak yang berwajib sebagaimana yang telah diinstruksikan Kapolri, pintanya.# Red

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!