banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Penyegaran Pelatihan PPRG dan ARG USAID IUWASH PLUS Gelar Scope OF Work

108
×

Penyegaran Pelatihan PPRG dan ARG USAID IUWASH PLUS Gelar Scope OF Work

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Ternate

Martdwita Bayulestari selaku Junior Governance Specialist USAID IUWASH PLUS mengatakan, program USAID Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene penyehatan lingkungan untuk semua (IUWASH PLUS) ini adalah program berdurasi lima setengah tahun.

“Ini dirancang untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkat kan akses air minum, layanan sanitasi, dan perbaikan perilaku higiene untuk masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan,”ujar Martdwita siang tadi saat ditemui di Royal Resto. Selasa, (26/11/2019).

Martdwita mengatakan, USAID LUWAS PLUS telah bekerjasama dengan instansi pemerintah, LSM, Swasta, kelompok masyarakat, dan mitra lainnya untuk mencapai hasil utama.

Yaitu ia menyebutkan, peningkatan sebanyak 1.100.000 juta penduduk perkotaan yang mendapatkan akses kualitas layanan air minum yang layak.

Dan dari 500.000 diantaranya adalah penduduk dengan 40 persen tingkat kesejahteraan terendah dari total populasi (atau disebut “Botom 40 persen atau “B40”), kelompok rentan yang ada di wilayah timur Indonesia.

“Lalu peningkatan sebanyak 500.000 penduduk perkotaan yang mendapatkan layanan sanitasi aman. Untuk memasti kan peningkatan akses terhadap layanan Wash secara berkelanjutan,
USAID IUWASH PLUS berpegang pada hipotesis pembangunan yang berfokus pada penguatan sistem pemberian layanan,”ucap Martdwita.

Agar dapat menjangkau segmen penduduk yang paling miskin dan rentan secara lebih efektif, untuk mencapai hal tersebut, lanjut Martdwita, program ini melakukan sejumlah kegiatan melalui empat komponen yang saling terkait.

“Yaitu meningkatkan layanan WASH rumah tangga, dan memperkuat kinerja kelembagaan WASH ditingkat Kota, memperkuat lingkungan pembiayaan WASH, memajukan advokasi, koordinasi dan komunikasi WASH Nasional, untuk mendukung komponen-komponen tersebut,”paparnya.

Martdwita juga ungkapkan, USAID IUWASH PLUS juga menjalankan Komponen keberlanjutan dan Inovasi Lokal (LSIC) yang dirancang untuk mendorong inovasi WASH yang dapat memperkuat masyarakat, sektor swasta, pemerintah, dan penyediaan layanan WASH.

Ia menambahkan, terkait dengan pengaru utama gender ia katakan, itu penting bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bidang air minum, sanitasi, dan perilaku higiene, agar dalam pelaksanaan tugas dan peran dalam program atau pekerjaan dalam pengambilan keputusan peka terhadap gender.

“Yakni kepekaan terhadap masalah yang dihadapi maupun perbedaan kebutuhan dan kepentingan perempuan dan laki-laki, difabel, manula, anak-anak dan sebagainya. Ini sebagai implementasi atas UU Nomor 7 Tahun 1984 tentang pengesahan konvensi mengenai penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap wanita,”jelas Martdwita.

Hal ini juga sesuai instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang pengaru utama gender dalam pembangunan Nasional, yang mengamanatkan kepada seluruh Kementerian, lembaga dan daerah untuk mengintegrasikan gender pada setiap tahapan proses pembangunan.

“Yaitu mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan monitoring evaluasi pada seluruh bidang pembangunan termasuk pembangunan di bidang air minum, sanitasi, dan perilaku higiene,”sebut Martdwita.

Selain itu, tujuan dari kegiatan Scope Of Work penyegaran Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) dan Asisten Penyusunan Anggaran Responsif Gender (ARG) untuk tim Driver dan OPD Wash Kota Ternate, ini adalah meningkat kan pemahaman tentang Gender Analisis Pathway (GAP), Gender Butget Statement (GBS), dan ToR sebagai instrumen Anggaran Responsif Gender (ARG).

“Kemudian meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun GAP, GBS, pada program kegiatan menyangkut WASH,”ungkap Martdwita.

Ia katakan, untuk Outcome atau hasil diharapkan, peserta harus memahami strategi tugas dan fungsi masing-masing OPD dalam pelaksanaan PUG dalam PPRG, dan peserta pelatihan mampu menyusun ARG sesuai program kegiatan masing-masing dengan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Diketahui, untuk peserta pelatihan perwakilan tim Driver dan OPD WASH Kota Ternate, diantaranya Dinas PU Kota Ternate, Dinas PPPA Kota Ternate, Bappelitbangda Kota Ternate, Dinas kesehatan Kota Ternate, BPKAD Kota Ternate, dan Inspektorat Kota Ternate. Untuk total peserta 20 orang. MA

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!