banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Pilkades Serentak Pulau Morotai Gagal Di Gelar Agustus, Ini Jawaban Kabid DPMD Firdaus Samad

136
×

Pilkades Serentak Pulau Morotai Gagal Di Gelar Agustus, Ini Jawaban Kabid DPMD Firdaus Samad

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Morotai

Tahapan pemilihan kades Serentak 66 Desa di Kabupaten Pulau Morotai yang di rencanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) pada bulan ini (Juli, Red) akan di tunda pelaksanaanya.

“Tahapan pelaksanaan pilkades serentak belum dilaksanakan karena saat ini ada beberapa desa yang belum juga di laksanakan pemilihan dan pelantikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” Hal itu di ungkapkan Kabid Pemerintahan Desa Dinas DPMD Kabupaten Pulau Morotai Firdaus Samad pada wartawan diruang kerjanya, kantor Bupati Desa Mihajirin Jumat (12/07/2019).

Menurut dia, sampaikan saya ini tahapan persiapan pembentukan panitia pemilihan Kepala Desa di lakukan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sementara ada 25 Desa yang sebagian sudah diadakan pemilihan tinggal pelantikan dan sebagian lagi belum di lakukan pemilihan untuk itu kami masih menunggu pemilihan dan pelantikan BPD selesai di laksanakan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan bagian kabid kelembagaan karena BPD merupakan ranah mereka tapi, agar di upayakan supaya bulan ini sudah selesai di adakan pemilihan dan pelantikan sehingga di awal atau akhir bulan depan kami sudah bisa mulai tahapannya,”Ungkap Firdaus.

Lanjut dia, Selain itu ketika pelantikan BPD selesi, kita juga menunggu pengesahan peraturan Bupati (Perbup) terkait pemilihan Kades serentak. Karena, ranperdanya sudah siap tinggal pengesahannya yang belum.

“Didalam Ranperbub sudah mengatur hal-hal teknis pelaksanaan pemilihan kades mulai dari tahapan sampai dengan pelantikan karena itu belum di ataur dalam peraturan daerah sehingga di perkuat dengan peratuaran Bupati,” Terang dia.

Sementara Desa-desa yang akan melaksanakan pemilihan serentak diantaranya yang jabatanya berakhir di 2018 ada 10 desa. Morotai selatan terdiri dari Desa gotalamo, Darame, Dehegila. Morotai timur, Desa Buho-buho, dan Wewemo. Selatan barat Desa posi-posi rao dan Usbar Pante, Morotai Utara Bere-bere jaya, Pangeo dan Libano.

Untuk masa jabatan yang berakhir di 2019 Morotai Selatan terdiri dari Desa Daruba, Muhajirin, Joubela, Mandiri, Momojiu, Sabatai Baru, Sabala, Daeo, Daeo majiko, Morodadi, Aha, dan Nakamura. Morotai Timur Lifao, Seseli Jaya, Hino, Gosoma Maluku, Doku Mira, Mira, Rahmat, Sangowo Timur, Sangowo Barat, Gamlamo, dan Sambiki Tua.

Morotai Selatan Barat Desa Bobula, Cio Dalam, Cio Maloleo, Cio Gerong, Aru Burung, Raja, Teley Pantai, Ngele-Ngele Besar, Aru Irian dan Leo-leo Rao. Morotai Utara terdiri dari Desa Lusuo, Korago, Gorua, Gorua Selatan, Maba, Goa Hira, Kenari, Tanjung Sale, Sakita, Loleo Jaya, dan Yao. Morotai

Jaya, Desa Sopi, Sopi Majiko, Tuara, Gorugo, Loleo, Aru, Cendana, Podimor Padange, Bere-bere Kecil, Titigogoli, Happo, dan Cempaka..#amt

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!