banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Terkait Tumpukan Sampah,Dua Instansi Di Pemkot Ternate Saling Menyalahkan

98
×

Terkait Tumpukan Sampah,Dua Instansi Di Pemkot Ternate Saling Menyalahkan

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Ternate

Terkait Tumpukan sampah di pasar Higienis Bahari Berkesan kota ternate,dua Instansi di pemkot saling menyalahkan.

Mengapa tidak saat di konfirmasi wartawan media ini pada Dinas Lingkungan Hidup(DLH) melalui Kabid Penanganan Pengurangan Sampah,Limbah Berbahaya,Beracun kota ternate Gus Karim Mengatakan Bahwa terkait tumpukan sampah di pasar,DLH kembali menyalahkan ke Disperindag dan para pelaku usaha sayur kol di pasar tersebut,pasalnya menurut mereka wilayah itu bukan tanggung jawab DLH tapi di tangani langsung oleh pihak Disperindag terhadap semua pelaku usaha yang ada berada diseputaran pasar Heginies.

“Masalah tumpukan sampah,jangan hanya tanggung jawab DLH, harus disperindag juga punya kepedulian karena itu adalah wilayahnya walaupun kami buat pelayanan seperti apa saja,kalau Disperindag juga acuh dan tidak peduli maka kami tidak bisa buat apa-apa”ucap Kabid.

Kemudian terkait dengan pengangkutan sampah dalam sehari dua kali berdasarkan dengan rotasi kami dilapangan”jelas kabid.

“Kalau memang katakan kami cuma mengangkut hanya sekali dalam sehari maka kalian bayar distribusi ke pihak lain agar pihak tersebut angkat sampah mereka jangan kami”jelas kabid dengan kesal.

Sementara salah satu pelaku usaha saguran Haji Nadi mengatakan bahwa sampah ini hanya satu hari sekali melakukan pengakutan yaitu pada pagi hari.Dia juga mengatakan bahwa sampah ini banyak,dia melakukan pengangkutan secara pribadi menggunakan mobilnya,tetapi sampah ini bukan hanya miliknya melainkan semua pelaku usaha sayur yang ada di pasar.

“Kalau memang dorang bilang angka dua kali ada saksi yang katanya satu hari sekali bahkan enam hari sekali,contohnya hari ini yang didepan sana”.kata haji nadi dengan bahasa sehari-hari.

Dia juga menyampaikan kalau sampah tidak di letakan di situ mau letakan di mana,sementara semua pelaku usaha kol,untuk sampahnya mereka letekan di situ semua bukan hanya saya” jelasnya.

Selain itu kepala bidang penataan Disperindag suryawan soleman menjelaskan berkaitan dengan tumpukan sampah kita jangan saling menyalahkan itu tidak perlu dipersoalkan tetapi yang jadi persoalan ketika melakukan pengakutan,pelaku usaha ini letakan kembali ketempat semula.

“Dengan masalah ini karena kurang adanya sosialisasi terkait dangan sampah,”kata soleman

Soleman juga  berharap para pelaku usaha harus melakukan pembuangan sampah setelah mobil pengangkut sampah ada ditempat,tandasnya..#An

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!