banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

20 Anggota DPRD Pulau Morotai Resmi Dilantik

118
×

20 Anggota DPRD Pulau Morotai Resmi Dilantik

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

Sebanyak 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih Kabupaten Pulau Morotai resmi dilantik dan diambil sumpahnya menjadi anggota DPRD masa bakti 2019-2014.

Pelantikan anggota DPRD ini dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Pulau Morotai periode sebelumnya dan di ambil Sumpa oleh Ketua Pengadilan Negeri Tobelo Martha Maitimu.

Pengambilan Sumpah dan janji berlangsung di ruang rapat lantai II DPRD Kabupaten Pulau Morotai, Jln. Siswa, Desa Darame, Kec. Morotai Selatan (Morsel), Senin (04/11/2019).

Tamu undangan pelantikan Anggota DPRD Pulau Morotai

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara Nomor 476/KPTS/MU/2019 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota Dewan Perwakilan Rayat Daerah Kabupaten Pulau Morotai masa bakti 2019-2014.

Setelah itu juga dilakukan penyerahan memori DPRD dan Palu Sidang oleh Pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 kepada Pimpinan DPRD Sementara Rusminto Pawane dan wakil ketua sementara Richard Samatara.

Pimpinan DPRD Sementara Pulau Morotai Rusminto Pawane menyebutkan prosesi pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Pulau Morotai masa jabatan 2019-2024, merupakan amanah yang mesti dijaga.

“Kita yang baru dilantik ini diharapkan mampu menjalankan amanah konstitusi untuk mengawal program demi kesejahteraan rakyat. Meskipun demikian, anggota DPRD periode 2019-2024 belum banyak yang di perbuat, namun DPRD yang baru ini akan berbuat sebaik mungkin untuk rakyat pulau Morotai,” kata Rusminto.

Lanjut dia, untuk meraih keberhasilan perlu menggalang kesadaran dan kekuatan untuk melakukan gerakan perubahan melalui restorasi demi kemajuan pulau morotai.

“Restorasi morotai adalah gerakan memulihkan dan mengembalikan, serta memajukan kehidupan masyarakat melalui fungsi dan peran DPRD Masa bakti 2019-2024,” ujarnya.

Sementara Bupati Pulau Morotai Benny Laos dalam menyampaikan sambutan Gubernur Maluku Utara (Malut), mengatakan anggota DPRD yang baru dengan diharapan agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik dan dapat memenuhi kepentingan seluruh rakyat Pulau Morotai.

“Untuk itu dalam sidang ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dengan peran dan tugasnya masing-masing dalam melaksanakan pesta demokrasi sehingga semuanya dapat berlangsung dengan sukses dan aman,” ucapnya.

Lanjut dia, setiap periode pemilu suda pasti akan ada wajah-wajah baru dengan beragam latar belakang profesi, dan tidak hanya berasal dari kalangan politik semata, tapi hal itu tidak mengurangi fungsi legislatif.

“Yang penting bahwa setiap anggota DPRD di tuntut untuk mengetahui, memahami, dan mampu menjalangkan tugas dan fungsinya sebagai wakil rayat di parlemen, dimana setiap anggota DPRD di harapkan menggagas, mengawal pembangunan daerah dan melakukan pengawasan dengan satu tekat, membangun untu kesejatraan rayat,” tuturnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Bupati Pulau Morotai Beny Laos, Wakil Bupati Asrun Padoma, Mantan Bupati Weni Paraisu, Ketua Pengadilan Negeri Tobelo Martha Maitimu, Sekda Muhammad M. Kharie, Para Asisten dan Staf, Kepala Kemenag M.Kubais Baba S.Ag Forkompimda, Pimpinan SKPD, Pimpinan Dan Anggota KPU Pulau Morotai, pimpinan dan Anggota Bawaslu Pulau Morotai, Pimpinan Civitas Unipas Pulau Morotai, Tokoh Agama, toko Masyarakat dan Adat, serta tamu undangan..#amt

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!