banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

DPRD Pulau Morotai, Gelar Sidang Paripurna Penyampaian Ranperda Dan Dokumen KUA-PPAS 2019

95
×

DPRD Pulau Morotai, Gelar Sidang Paripurna Penyampaian Ranperda Dan Dokumen KUA-PPAS 2019

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com-Morotai

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemda Kabupaten Pulau Morotai menggelar rapat paripurna penyampaian dokumen rancangan peraturan daerah (Ranperda) dan penyerahan dokumen KUA-PPAS Perubahan Anggran Tahun 2019 serta penyampaian pokok pokok DPRD Kab. Pulau Morotai, terhadap APBD tahun 2020.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kab. Pulau Morotai Fahri Haerudin di dampingi wakil ketua Richard Samatara dan Rasmin Fabanyo, bertempat di Ruang rapat DPRD pulau morotai, Desa Darame, Kec. Morotai selatan (Morsel), Selasa (02/07/2019).

Fahri Haerudin dalam penyampaian sidang paripurna mengadakan, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir, itu artinya apresiasi patut kami haturkan kepada Pemerintah Daerah dan jajarannya karena bahan materi dari APBD Tahun Anggaran 2018 dalam Ranperda ini telah diaudit dan mendapat penghargaan opini WTP dari BPK Perwakilan Maluku Utara.

“Salah satu ketentuan umum yang baku untuk mengontrol sistem penyelenggaraan pemerintahan adalah Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD yang didasarkan pada ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 320 ayat (1) yang menyatakan Kepala daerah menyampaikan rancangan Perda,”Kata Fahri.

Menurutnya, laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta strategi Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai sebagai pelaksanaan dari Visi, Misi dan Tujuan yang telah ditetapkan dan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang terjadi sebagai bahan untuk pembinaan, pengawasan, dan pengendalian penyelenggaraan Pemerintahan di daerah.

“Kiranya hal ini juga semakin mendorong tumbuhnya semangat obyektivitas dan kemitraan yang harmonis dalam menyempurnakan kinerja pemerintahan di tahun yang akan datang,”Ujar Fahri

Lanjut dia, kabupaten Pulau Morotai dengan usia yang masih tergolong muda mempunyai beberapa isu strategis di tengah perjalanan Pemerintahan definitif. Program strategis di antaranya Pemerataan ketersediaan dan peningkatan kualitas infrastruktur berupa Jalan, Jembatan, Air Bersih, dan Sanitasi. Peningkatan Sarana Prasarana serta tenaga SDM pada bidang Pendidikan dan Kesehatan.

“Optimalisasi pengembangan potensi pariwisata dan nilai tambah sektor-sektor unggulan pertanian dan perikanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan kapasitas ASN sebagai upaya meningkatkan kualitas Pelayanan Publik. Menjaga kelestarian lingkungan untuk pembangunan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara wakil bupati Hi. Asrun Padoma dalam pidatonya bahwa, Perlu kita ketahui bersama atas berkat dan kerja keras kita bersama selama ini, akhirnya beberapa waktu yang lalu Morotai kembali mendapatkan Predikat yang perna di raih pada tahun sebelumnya yakni Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI Perwakilan Maluku utara dari beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Maluku Utara.

“Kita (Pemda)?sudah dua kali berturut-turut mendapat Predikat WTP itu artinya pengelolaan keuangan kita sudah semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya,”Kata Asrun.

Menurutnya, untuk mencapai hasil yang maksimal tidak henti-hentinya menegaskan serta mendorong kepada seluru jajaran pejabat di lingkungan Pemda Kab.Pulau Morotai, serta para staf mulai dari tingkat Kabupaten sampai Desa untuk senantiasa meningkatkan kapabikitas dan kompetensi serta semangat dalam mengoptimalkan pelayan kepada masyarakat secara riil, adil dan merata kepada seluruh lapisan masyarakat pulau morotai.

“Dengan diterimanya Dokumen Rancangan Perda Laporan Pertanggung Jawaban APBD Tahun 2018 oleh DPRD Kab.Pulau Morotai yang merupakan dokumen landasan hukum bagi Pemda untuk mengevaluasi tahun sebelumnya dalam menjalankan tugas pemerintahan dalam rangka membangun daerah Kabupaten Pulau Morotai,”tutur Asrun.

Hadir dalam rapat paripurna Wakil Bupati Kab. Pulau Morotai H. Asrun Padoma, S.Ag, Sekda Morotai Muhamad M. Kharie, Assisten II Pemda Morotai Rina Ishaq, Mewakili Danlanud Leowatimena Mayor Kes Maryadi, Mewakili Danlanal Morotai Kapten Laut (T) Surahman, Mewakili Kapolres Pulau Morotai Kompol drh. Dedi Wijayanto, S.H, Mewakili Kajari Morotai Jaksa Ramli serta Pimpinan SKPD dan staf Ahli Kab. Pulau Morotai..#amt

 

ADVERTORIAL

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!