banner 140x600
banner 140x600
PENDIDIKAN/KESEHATANSWARA DAERAH

Gelar Workshop, Fathiya Berharap Ada Sinergi Dinkes dan Puskesmas

107
×

Gelar Workshop, Fathiya Berharap Ada Sinergi Dinkes dan Puskesmas

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Ternate

Untuk mengantarkan 11 Puskemas ke Akreditasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, melaksanakan kegiatan Workshop Audit Internal dan Tinjauan Manajemen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate dr. Fathiyah Suma mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Audit Internal mutu tinjauan ini adalah  salah satu bagian dari program kegiatan oleh  Dinas kesehatan di Bidang pelayanan kesehatan, dan Yankes.

“Ini dalam rangka bagaimana kita ingin mengantarkan Puskesmas untuk menjemput Akreditasi,”ujar Fathiya kemarin, usai Workshop di Hotel Surya Pagi. Sabtu (27/7/2019).

Lanjut, Akreditasi yang dimaksud adalah bagaimana kita ingin pelayanan yang diberikan ke masyarakat itu benar-benar berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

“Karena di satu sisi Audit mutu ini adalah bagaimana kita ingin mendapatkan masukan-masukan menyangkut dengan bentuk layanan yang dilakukan oleh Puskesmas untuk sejauh mana efektivitas, efisiensinya dan masalah-masalah yang di temukan. Ini yang akan di jadikan umpan balik atau imput kita untuk perencanaan kegiatan selanjutnya,”kata Kadis.

Lanjut, yaitu dalam bentuk melahirkan rekomendasi-rekomendasi untuk menyempurnakan kegiatan pelayanan yang selama ini sudah digulirkan oleh Puskesmas.

“Dan diharapkan dari kegiatan ini untuk dapat merubah menset berpikir dan pola prilaku pihak puskesmas, terutama pimpinan dan seluruh staf dalam rangka kita ingin membawa puskesmas menjadi terdepan,”harap Kadis.

Selain itu, Fathiya bilang, terkait puskesmas yang sudah terakreditasi untuk 11 puskesmas yang ada baru 9 terakreditasi yaitu puskesmas Siko, Sulamadaha, Kalumpang, Kota, Kalumata,  Gambesi, Jambula, Hiri dan Moti.

“Kemudian untuk tahun ini ada dua puskesmas akan di akreditasi yaitu puskesmas Mayau dan Puskesmas Bahari Berkesan. Sehingga di tahun 2019 akhir nanti semua puskesmas sudah terakreditasi. Untuk targetnya akreditasi paripurna, tetapi nanti kita lihat prosesnya  dilapangan,”paparnya.

“Harapan kita adalah ada sinergi antara dinas kesehatan dan puskesmas dalam mendorong puskesmas terakreditasi dan dalam rangka kita ingin menyiapkan sumber daya kesehatan yang handal di puskesmas sebagai unjung tombak pelayanan kesehatan,”harap Kadis.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut, turut hadir narasumber dari Dinas Kesehatan Profinsi, Subdit Mutu dan Akreditasi kementerian kesehatan, dan 41 peserta keterwakilan dari seluruh puskesmas se-Kota Ternate..#MI

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!