banner 140x600
banner 140x600
EKONOMI/PEMBANGUNANSWARA DAERAH

Gubernur Serahkan DPA 2020 Ke Pimpinan OPD Malut, Anggaran Dinas PUPR Terbesar

142
×

Gubernur Serahkan DPA 2020 Ke Pimpinan OPD Malut, Anggaran Dinas PUPR Terbesar

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – SOFIFI

Dalam rangka mempercepat realisasi APBD tahun 2020  Gubernur Maluku Utara, KH.Abdul Gani Kasuba, Lc menyerahkan secara simbolis Daftar Pelaksanaan Anggaran ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah  Provinsi Maluku Utara kepada Pimpinan OPD, yang bertempat di Ruang rapat lantai IV kantor Gubernur Gosale puncak,Senin (20/01/2020).

Gubernur yang didampigi Wakil Gubernur, IR. M. Alyasin Ali M.MT dan Penjabat Sekretaris Daerah, Andi Bataralifu Langsung menyerahkan Dokumen DPA kepada Pimpinan OPD secara bergantian.

Pimpinan OPD yang menerima DPA diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat Daerah dan Sekretaris Daerah.

Gubernur, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc dalam sambutannya mengatakan bagi OPD yang DPA terbesar tentu resilonya juga sangat besar sehingga jangan gembira akan tetapi harus banyak bekerja.

Gubernur juga mengatakan bahwa dengan penyerahan DPA ini sebagai langkah dimulainya pelaksanaan program kegiatan pembangunan dalam lingkup Pemerintahan Provinsi Maluku Utara di Tahun 2020.

“kita tau bersama bawa Dokumen Pelaksanaan Anggaran merupakan rincian penjabaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dimana sebelumnya telah diproses melalui tahapan dan mekanisme sesuai amanat undang-undang”Ucap Gubernur.

Gubernur berharap, Pengelolaan Keuangan Daerah harulah dilakukan secara tertib, taat azas, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab.” Tuntutan transparansi dan akuntabilitas dalam sistem pengelolaan keuangan pemerintah daerah saat ini semakin meningkat dari tahun ke tahun,” Ungkap Gubernur.

Tidak hanya itu, Gubernur juga menjelaskan, dari sisi pengelolaan keuangan di tahun 2018 kemarin, Pengelolaan Keuangan Daerah, kita telah menerima predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Maluku Utara. “ Saya harap agar prestasi ini harus diperhatikan,”jelasnya.

Data yang dihimpung DPA yang diserahkan gubernur kepada OPD,anggaran terbesar melekat pada Dinas Pekerjaan Umum dan penataan ruang(PUPR)malut sebesar 735 Miliar lebih kedua dinas pendidikan dan kebudayaan ketiga dinas Kesehatan maluku utara serta Perumahan dan pemukiman..#red

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!