banner 140x600
banner 140x600
EKONOMI/PEMBANGUNANSWARA DAERAH

Lagi -Lagi Inspektorat Halbar Temukan DD dan ADD Bermasalah

86
×

Lagi -Lagi Inspektorat Halbar Temukan DD dan ADD Bermasalah

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Halbar – Lagi – Lagi Inspektorat Kabupeten Halmahera Barat (Halbar) temukan dugaan penyalahgunaan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) ratusan juta rupiah yang melibatkan pihak Kepala Desa (Kades) setempat.

Sebelumnya, pihak Inspektorat Halbar menemukan adanya penyalahgunaan DD dan ADD Desa Ulo Kecamatan Jailolo sebesar Rp. 744 juta sekian, kali ini Inspektorat Halbar kembali menemukan kerugian Desa  di Desa Bobane Dano Kecamatan Jailolo Selatan tahun 2017 senilai kurang lebih Rp. 200 juta

Kepala Inspektorat (Inspektur) Halbar Julius Marau (JM), mengatakan, untuk persoalan DD dan ADD Desa Bobane Dano tahun 2017, pihaknya sudah menindaklanjuti laporan tersebut dan ditemukan adanya kerugian sebesar ratusan juta rupiah.

“Bahkan LHP nya sudah kami berikan kepada pihak Komisi I DPRD, Bupati dan Kades Bobane Dano Seblum Babua untuk ditindaklanjuti,” katanya saat ditemui di lingkungan Kantor Bupati Halbar Selasa (03/03/2020).

Dan terkait dengan tuntutan masyarakat Desa Bobane Dano atau pelaporan yang mendesak agar diberikan LHP, itu sudah kami klarifikasi dan menjelaskan kepada mereka, yakni LHP hanya diberikan kepada Bupati, Komisi I DPRD dan Terlapor karena itu (LHP) bersifat rahasia, sementara untuk Masyarakat atau pelapor hanya di berikan Ikhtisar hasil pemeriksaannya.

“Namun pada intinya hasil pemeriksaan tersebut ada temuan, namun jumlahnya tidak bisa dipublikasi, karena sudah tercantum dalam ikhtisar, jadi masyarakat bisa langsung diakses melalui Ikhtisar tersebut,” jelas JM.

Terpisah, sekertaris Komisi I DPRD Halbar, Joko Ahadi, ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya penyerahan LHP Desa Bobane Dano dari pihak Inspektorat, tapi secara detail belum kita lihat.

“Tapi besaran kerugiannya itu kurang lebih Rp. 200 juta yang terdiri dari kekurangan pekerjaan sejumlah pekerja fisik tahun 2017 lalu,” ujar Ketua Fraksi Golkar.#chull

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!