banner 140x600
banner 140x600
PENDIDIKAN/KESEHATANSWARA DAERAH

Membangun Karakter Bangsa, TNI AL Bersama Pemkab Morotai Gelar Kosmos

130
×

Membangun Karakter Bangsa, TNI AL Bersama Pemkab Morotai Gelar Kosmos

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai – Guna meningkatkan kesadaran Bela Negara dalam rangka membangun Karakter Bangsa di kalangan Aparat Pemerintah dan Masyarakat khususnya di Kabupaten Pulau Morotai, Pangkalan TNI AL (Lanal) Morotai bersama Pemkab Morotai menggelar Komunikasi Sosial (Komsos), pada Kamis (11/07/2019).

Kegiatan yang dilaksankan di Aula Kantor DPRD Morotai, Desa Darame Kecamatan Morotai Selatan, dihadiri oleh Paban IV Spotmar Mabes TNI-AL Kolonel Mar Edy Prakoso, Paban VI Spotmar Mabes TNI-AL, Kolonel Laut (E) Halili, Letkol Laut (P) Ahmad Nasarudin, Danlanal Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, Kadispers Lanud Leo Wattimena Letkom Adm Sutikno, Kapolres Morotai AKBP. Mikael Sitanggang, Asisten 1 Pemda Morotai Mukhlis Beay, Seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Morotai, Para Kadis dan Staf ahli Pemda Morotai, serta ASN Pemkab Morotai, Siswa Saka Bahari Binaan Lanal Morotai da Perwakilan koperasi Nelayan se -Morotai.

Danlanal Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, dalam sambutnya mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian dan perhatian pimpinan TNI-AL yang diterjemahkan oleh bapak Aspotmar kasal terhadap wilayah-wilayah perbatasan khususnya di Morotai, guna mewujudkan cita-cita bangsa yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

“Hal yang harus di bela dari Negara adalah, Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah dan Keselamatan bangsa, yang mana tidak bisa dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dengan beragam usaha dan upaya berbagai profesi,” ungkapnya.

Dan Kesadaran Bela Negara ini harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya Aparat Negara, karena ini bukan kegiatan yang ringan, seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi, khusunya di Morotai.

“Karna kita dihadapkan pada posisi geografis yang berada di wilayah perbatasan, tapi kita Yakin, melalui sinergi antar segenap elemen yang ada dan mendukung kebijakan Pemerintah, Morotai bisa mengejar ketertinggalan dengan daerah-daerah lainnya,” kata Kariady

Sementara Bupati Morotai yang diwakili ASS I Pemkab Morotai Muchlis Baay, dalam sambutnya mengatakan, laut Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas dan sebagian besar wilayahnya berupa perairan, dan Laut memiliki banyak Fungsi, Peran maupun manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup Lainnya.

Sebab didalam laut banyak terkandung SDA yang dapat kita manfaatkan, oleh karena itu, jadi marilah kita melindungi Potensi laut tersebut, dan bangsa ini membutuhkan generasi yang berdedikasi dengan jiwa semangat bela Negara.

“Dan selain tugas menegakkan kedaulatan Negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara, TNI-AL juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” sebut Muhlis.

Muhlis juga menambahkan, Sekitar 140 Juta atau 60 persen penduduk Indonesia hidup di Pesisir. pada tahun 1998 Industri kelautan menyerap sebanyak 16 juta tenaga kerja, dan secara Biofisik wilayah Pesisir dan Laut Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia yakni sekitar 81.000 kilometer atau 13,9 persen, untuk itu perlu ditingkatkan rasa cinta tanah air dengan menjaga kedaulatan Laut kita,” tutupnya.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dengan pemateri Spotmar Mabes TNI-AL, Kapolres Morotai AKBP. Mikael P Sitanggang, dan dipandu oleh Ka. Polly Gigi Bp. Lanal Morotai, Lettu Laut (K) drg. Marapandi Cakra.#amt

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!