banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Kodim1505-05 Tidore Gelar Pengobatan Masal di Maba

86
×

Kodim1505-05 Tidore Gelar Pengobatan Masal di Maba

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Haltim

Kodim 1505-05 Tidore melalui Koramil Maba melaksanakan pengobatan masal tahun 2020 di desa Soasangaji dan kecamatan kota maba,kabupaten Halmahera Timur,provinsi maluku utara,Rabu(11/3/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Koramil Maba.Moyor inf Kusairi, Kepala puskesmas maba pura.Abutaher Abubakar S.Kep, dan dr.Yanuar Rizky Pratama.serta Kades Soa laipo Ibrahim Siawa dan masyarakat Soasangaji dan Soalaipo.

Danramil 1505-04/Maba.Mayor inf Kusairi dalam sambutannya mengatakan Terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, Dinas Kesehatan Pukesmas Maba Pura yang telah mendukung kegiatan pengobatan masal ini sehingga kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang berada di desa Soa Sangaji dan desa Soa Laipo.

Kegiatan pengobatan massal ini sebagai wujudnya kepedulian TNI untuk ikut serta dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Terposah dari itu Kepala Pukesmas Maba Pura.Abutaher Abubakar S.kep.juga menyampaikan bahwa intinya Kegiatan pengobatan masal ini dilaksanakan sebagai program yang sudah direncanakan oleh pemerintah pusat.

Kondisi umum kesehatan dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan. Masih tingginya angka kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) di wilayah Kab. Haltim.

Pemerintah daerah, TNI dan seluruh lapisan masyarakat mempunyai tanggung jawab dalam memelihara kesehatan kepada orng lain terutama pada keluarga dan diri kita sendiri.

Kepala desa Soalaipoh.Ibrahim Siawa.juga menyampaikan bahwa Atas nama warga masyarakat, kami mengucapkan terima kasih terkait dengan dipilihnya desa Soa Sangaji dan Soa Laipoh sebagai ajang pengobatan massal untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kami.

Kegiatan pengobatan seperti ini juga sangat membantu khususnya bagi kami masyarakat daerah terpencil yang jauh dari fasilitas kesehatan.

Bukan hanya itu saja terkait masalah Virus corona (Covid 19) mewakili tim kesehatan halbar dr. Yanuar Rizky Pratama mengatakan  bahwa gejalanya antara lain :

– Covid-19 mirip seperti gejala flu ataupun pilek,Pada mulanya penderita akan merasa seperti demam dan kemudian diikuti dengan batuk kering,Setelah satu minggu pasien akan mengalami tersengal-sengal dan Masa inkubasi antara penularan dan menunjukkan gejala sakit tersebut sekitar kurang lebih 14 hari menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Cara pencegahan virus corona salah satunya dengan menjaga kebersihan,Jika memang kita sedang sakit atau tidak enak badan, gunakan masker Jika kita batuk atau mau bersin, bisa menggunakan masker atau tisu sekali pakai dimana menutup hidung atau bagian mulut, lalu kita buang ke tempat yang disediakan ataupun tempat sampah”ucapnya.

pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan Penyerahan bingkisan semboko secara simbolis oleh Danramil 1505-04/Maba Dan Kepala Pukesmas Maba Pura.

Dari informasi yanh di terima jumlah pasien dalam Pengobatan massal yang dilaksanakan ini sebanyak 120 orang..#zul

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!