banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Mahasiswa Kubermas Bersama Lurah Lakukan Pemungutan Sampah

98
×

Mahasiswa Kubermas Bersama Lurah Lakukan Pemungutan Sampah

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Ternate.

Mahasiswa Kuliah kerja bersama masyarakat (Kubermas) dari Universitas Khairun Ternate, hari ini melaksanakan pemungutan sampah. Hal ini disampaikan oleh Lurah Makasar Timur Nahrul Zakri Selasa (27/08/2019).

“Pelaksanaan pemungutan sampah di halaman warga ini dalam rangka revolusi mental,”ujar Nahrul pagi tadi dikantor Lurah, sekira pukul 9.05 WIT.

Dikatakan, mahasiswa telah memiliki program diantaranya tentang lingkungan hidup, dan disiplin berlalu lintas serta ada beberapa program lainnya. “Jadi mereka meminta kepada saya juga ikut melaksanakan program tersebut sesuai dengan program kami yang ada di Kelurahan Makasar Timur,”ucap Lurah.

foto : Lurah Makasar Timur Nahrul Zakri

“Hari ini saya bersama mahasiswa memunggut sampah-sampah plastik yang berserahka di jalan dan di halaman-halaman rumah warga. Dengan maksud supaya warga bisa mencontohi untuk memilah sampah organik,”jelas Nahrul.

Sampah yang di dikumpulkan itu kata dia, didaur ulang, dan serahkan ke Bank sampah ke Kelurahan Makasar Timur. Kemudian mahasiswa Kubermas yang turun memunggut sampah sebanyak 10 orang.

Nahrun katakan, program tersebut pihaknya sudah kampanye kan. “Saya berharap program ini terus dilaksankan, sehingga merubah pola pikir kebiasaan masyarakat, karena warga kadang membuang sampah tidak pada tempat nya,”papar Nahrul.

Tentu hal ini merubah cara berfikir warga masyarakat. Tapi juga tidak segampang membalikan telapak tanggan, namun juga membutuhkan proses, serta kerja sama dari seluruh pihak terkait yang ada di Kelurahan Makasar Timur.

Maka dari proses ini, tentu memberikan contoh kepada warga. “Insya Allah proses demi proses program pemilah sampah ini, kebersihan lingkungan warga secara keseluruhan mau mengikuti,”jelas Lurah lagi.

Selain itu, terkait sampah-sampah yang berserahka di lingkungan Kelurahan Makasar Timur, kata Lurah, harus disikapi secara bersama-sama dengan warga.

“Kemudian sampah yang ada dibawah kolom rumah warga itu adalah sampah kiriman dan mungkin sampah warga, tapi setelah Bank sampah ada kita sudah bisa mengurangi volume-nya. Sebab pada bulan ini kita telah serahkan ke DLH satu dam truk lebih dan itu hanya baru sampah plastik saja,”papar Nahrul.

Ia imbau, warga masyarakat Makasar Timur, jangan lagi membuang sampah sembarangan, tapi buang sampah pada tempat-nya. “Mari kita menjaga kebersihan dihalaman rumah masing-masing dan lingkungan, agar terhindar dari segala macam penyakit, karena kebersihan adalah sebagian dari iman,”pinta Nahrul.

Diketahui, saat mahasiswa Kubermas lakukan pemungutan sampah, Lurah Makasar Timur juga ikut mendampingi..#MI

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!