banner 140x600
banner 140x600
Uncategorized

Menpar Arief Yahya, Kagumi Pulau Dodola Morotai Sebagai Wisata Alam Terindah Di Indonesia

81
×

Menpar Arief Yahya, Kagumi Pulau Dodola Morotai Sebagai Wisata Alam Terindah Di Indonesia

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

Menteri parawisata (Menpar) RI Arief Yahya saat berkunjung ke beberapa tempat wisata sepeti museum peninggalan perang dunia ke II, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Pulau Dodola di dampingi Bupati Benny Laos bersama rombongan.

Menpar Arief Yahya bersama rombongan didamping bupati terlihat menikmati suasan pantai Dodola. Dimana, pantai Dodola terlihat di semenanjung terhampar pasir putih yang memukau hati nan mempesona.

Pulau morotai merupakan pulau yang indah dan memiliki sejarah perang dunia dua. Oleh karena itu, dengan keindahan panorama alam yang memukau, morotai juga dikenal sebagai markas sekutu pada saat perang dunia dua dan Kini Pemerintah puasa menetapkan pulau morotai sebagai 10 destinasi wisata atau sepuluh Bali baru.

Menpar RI Arief Yahya saat di tanyai wartawan di pulau Dodola mengatakan, morotai kaya akan peninggalan sejarah perang dunia dua. Oleh sebab itu, morotai memiliki keunggulan jika di bandingkan dengan kabupaten lainya yang ada di Indonesia. Morotai begitu banyak sentral wisata yang tidak di miliki oleh daerah lain, sehingga sesuai dengan tema yang di angkat yaitu “Land Of Stories” seperti peninggalan sejarah Mc Athur dan Nakamura serta lainnya.

“Hal penting saat kita diskusikan tadi bersama Bupati adalah akses penunjang atau pendukung jalur penerbangan untuk menarik atau memudahkan wisatawan langsung dapat berkunjung ke Morotai misalnya dari negara-negara tetangga Palao, singapur, thailand, Hongkong, Filipina, korea dan negara lainya. Apa lagi cuman butuh tiga jam sudah sampai ke Morotai,” kata Arief.

Menurutnya, ivent festival morotai 2019 ini, merupakan strategi promosi untuk memperkenalkan spot-Spot wisata alam dan peninggalan perang dunia dua di pulau morotai. Kata dia, jika pengunjung suda berdatangan di suatu tempat wisata makan fasilitas penunjang akan berdampak pada pembangunan wisata itu sendiri.

“Rute penebangan juga menentukan banyaknya wisatatawan lokal maupun mancanegara yang akan berkunjung di pulau morotai. Saat ini penerbangan yang disiapkan dengan rute manado-Ternate dan Ternate-Morotai. Namun kata dia, kedepan sudah pasti akan ada pesawat rute Manado-Morotai. Jika jalur penerbangan itu Sekda ada makan banyak turis senang berkunjung ke Morotai,”ungkapnya.

Lanjut Arief, morotai banyak mempunyai spot-spot wisata terutama Pulau dodola merupakan pulau nomor satu lebih baik dari Bali. Kalau di tunjang dengan infrastruktur pendukung berupa bandara dan akses pelabuhan, baik untuk barang maupun wisatawan maka akan lebih baik lagi. Karena, semua infrastruktur pendukung itu sangat menentukan Morotai sebagai distinasi wisata atau sepulu bali baru.

“Secara teknis kemenpar berperan sebagai sistem integral. Dimana, seperti kita mebangun daerah lain. contohnya danau toba dengan infrastruktur yang terbaik semua itu akan ada kerja sama dengan seluruh kementerian soal anggaran. Sedangkan kemenpar sendiri memiliki anggarannya baik yang langsung maupun melalui DAK,”Jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, di puncak acara festival morotai, kemenpar akan memberikan pusat kuliner serta home stey untuk percontohan kalau berhasil maka akan di tambah lebih banyak lagi. Namun, yang paling penting itu adalah projek managemen dan sistem integral dalam menarik infestor.

“Morotai di pilih karena merupakan sala satu atraksi wisata bahari terbaik dari 10 distinasi lainya yang ada di maluku utara. Wisata bahari bahwa morotai merupakan salah satu dari 10 distinasi wisata di indonesia namun, menjadi kendalah adalah akses untuk ke morotai, tinggal ini yang perlu di kembangkan secara bertahap,”harapnya.

Sementara Bupati Benny Laos mengatakan, saat ini sudah ada komitmen dari dari Pemerintah pusat untuk dilakukan development yang pertama adalah rekonstruksi beberapa spot sejarah dan fasilitas umum. Selain mengkonstruksi spot sejarah dan peningkatan fasilitas umum, kini menteri perhubungan suda mengirim tim survei dalam pengembangan bandara dan pelabuhan.

“Rencana pengembangan kapasitas bandara pitu dan penyelesaian pelabuhan suda di atur oleh pihak kementrian perhubungan. Dari pertemuan pertemuan yang kita lakukan butuh komitmen bersama antara pihak kementerian dan Pemda dalam pengembangan spot wisata dan perbaikan bandara serta pelabuhan,”Kata Bupati.

Kami akan coba untuk konsolidasi dengan pihak Kementerian dan lembaga untuk menindaklanjuti arahan untuk nanti kita programkan bersama-sama di Jakarta..#amtJ

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!