banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Morotai Urutan Dua Puluh, Dari 416 Kabupaten/Kota Terinovatif

68
×

Morotai Urutan Dua Puluh, Dari 416 Kabupaten/Kota Terinovatif

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

Program-program inovatif yang digagas Bupati Benny Laos bersama wakil bupati Asrun Padoma meraih penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif dalam penilaian Pemerintah Pusat tahun 2019.

Tak tanggung-tanggung, kabupaten yang berada di wilayah ujung bagian utara Halmahera atau tepatnya berada di bibir Pasifik ini, meraih nilai yang signifikan dari 416 kabupaten/kota se-Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh wakil bupati pulau morotai Asrun Padoma pada saat menggelar rapat kerja bersama camat dan kepala desa bertempat di lantai dua Aulah kantor bupati, Jln. Desa Muhajirin, Kec. Morotai Selatan (Morsel), Kamis (03/10/2019).

Dalam rapat itu wakil bupati Asrun Padoma, menyampaikan bahwa pada tahun 2019 ini kabupaten pulau morotai masuk dalam nominasi daerah terinovasi dengan urutan pertama di provinsi Maluku utara (Malut), kedua Kebupaten Kepulauan Sula dan ke tiga Halmahera Utara (Halut).

“Itu penilaian dari Pemerintah pusat, bahwa daerah terinovasi dari hasil penilaian tahun 2019 di seluruh Indonesia berdasarkan jumlah 416 kabupaten/kota, kabupaten pulau morotai masuk pada urutan ke 20 terinovasi, kepulauan sula masuk pada urutan 72 dan Halut pada urutan ke 117 ,” kata Asrun.

Inovasi daerah yang menjadi penilaian di antaranya tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya yang disesuaikan dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah

Ada tiga hal utama dalam melakukan penilaian inovatif tahun 2019 yakni aspek kuantitas, aspek kualitas, dan aspek manfaat yang ketiganya didasarkan pada sejumlah kategori inovasi daerah.

Berdasarkan perspektif kebijakan inovasi yang di tetapkan oleh pemerintah pusat maka kabupaten pulau morotai mendapatkan tambahan dana sebesar Rp.45 miliar melalui dana intensif daerah (DID).

“Semua inovasi ini kami gagas untuk memudahkan pelayanan publik yang ujungnya adalah meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi warga. Dan kami bersyukur, bahwa begitu banyak inovasi yang lami sentuh sehingga pendapat penilaian dari tim penilai Pemerintah pusat,” tutur wakil..#amt

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!