banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Nurhasmi : Target Kedepan HMJ Memberikan Pengetahuan Kepada Masyarakat Luas

139
×

Nurhasmi : Target Kedepan HMJ Memberikan Pengetahuan Kepada Masyarakat Luas

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Ternate

Politeknik Kesehatan Kementerian kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kota Ternate, melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kesehatan Lingkungan (Kesling), pagi tadi melaksanakan Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan ke-IV, dengan tema “Peran Tenaga Sanitarian Dalam Menjawab Tantanggan Dan Strategi Pada Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Di Daerah Pesisir”.

Ketua panetia Nurhasmi Hamdan mengatakan, kegiatan seminar yang dilaksanakan ini tujuannya ke daerah pesisir, sesuai dengan Visi-Misi dari jurusan Kesehatan Lingkungan (Kesling) Politeknik sendiri, juga tujuannya untuk meningkatkan manajemen dan organisasi kepanetian.

“Kemudian menjunjung tinggi Tri Darma perguruan tinggi. Lalu hal-hal penting yang disampaikan dalam seminar tersebut yaitu pada perilaku BABS,”ujar Nurhasmi siang tadi di Royal Resto, Kelurahan Kalumpang, Kecamatan Ternate Tengah. Sabtu, (7/12/).

Lanjut Nurhasmi, jadi BABS itu merupakan pilar pertama dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). “Kami ini kan dari jurusan Kesling, jadi kami lebih ke lingkungannya.
Apa lagi Indonesia merupakan Negara kedua perilaku BABS terbesar kedua di dunia selain India urutan satu,”sebut Nurhasmi.

Mantan wakil ketua HMJ priode 2018-2019 ini menjelaskan, pihak HMJ mengangkat tema ini agar mencega perilaku BABS di Indonesia. Dan ia katakan, usai dari seminar tersebut target kedepan akan berupaya memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas agar tidak melakukan perilaku BABS.

Karena menurut Nurhasmi, itu akan merusak lingkungan seperti tanah, air, dan udara yang akan menyebabkan menganggu pada kesehatan. “Karena kita tahu tinja itu kan memiliki berbagai macam bakteri yaitu terutama Ekoli, jadi Ekoli itu bisa menimbulkan penyakit Diare. Selain Diare, di Indonesia juga terdapat Stunting dan Stunting ini pengaruh dari Ekoli,”ucap mantan ketua HMJ itu.

Turut hadir dalam seminar diantaranya Kepala Dinas Kota Ternate, dr. Fathiyah Suma, selaku pemateri, Citizen Engagement Mecanisim (CEM) Specialist, Deasy Sekar Tanjung Sari, sebagai pemateri, Dosen kesehatan Dwi Wahyu Purwaningsh, selaku pemateri, dan Wakil Direktur satu dan tiga Politekes Kemenkes Ternate.

Kemudian Direktur rumah sakit prima, ketua DPD AKLI Provinsi Malut, ketua jurusan kesehatan lingkungan, ketua Prodi jurusan kesehatan lingkungan, kepala Suba bagian Administrasi Umum, ketua DPD AKLI Provinsi Malut, serta delapan Puskesmas se-Kota Ternate, dan beberapa tamu undangan lainnya..#MA

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!