banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Penyusunan Anggaran, LP2M IAN Ternate Gelar Workshop

91
×

Penyusunan Anggaran, LP2M IAN Ternate Gelar Workshop

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Ternate

Pelaksanaan Workshop penyusunan anggaran penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis prodi diadakan dalam rangka keterlibatan program studi pada kegiatan  Penelitian dan pengabdian masyarakat . Hal ini disampaikan oleh kepala pusat penilitian dan penerbitan LP2M, IAIN Ternate Dr Syaifuddin SE, MEI.

“Selama ini penilitian dan pengabdian masyarakat  ditanggani oleh satu lembaga penilitian dan pengabdian kepada masyarakat,”ujar Dr. Syaifuddin saat temui di Hotel Muara Mol. Jumat, (31/01/2020).

Dr. Syaifuddin mengatakan, di dalam LP2M itu ada pusat penilitian dan pusat pengabdian kepada masyarakat. Unit ini kata dia, sebenarnya tidak berdiri sendiri, tapi harus mengkoordinasikan kegiatan penilitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan disetiap program studi yang berada di Fakultas.

Kemudian karena tema utamanya penyusunan anggaran dan pengabdian masyarakat berbasis prodi maka kedepan berorientasi penelitian dan pengabdian di arahkan pada pengembangan program studi. Di IAIN Ternate memiliki 3 fskulras dengan 19 prodi ditambah dengan pascasarjana 3 prodi sehingga keseluruhan prodi berjumlah 23.

Untuk Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam mempunyai 8 program studi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan 8 program Studi, FUAD 3 program studi, sedangkan di Pasca Sarjana mempunyai 3 program studi. Dr. Syaifuddin menjelaskan, jadi penilitian dan  pengabdian masyarakat itu harus berbasis pada program-program studi tersebut.

“Nah seumpama Fakultas Syariah itu ada program Studi hukum keluarga, misalkan di FTIK itu ada program Studi Tadris Biologi itu bagaimana penilitian antar program Studi tersebut bisa melakukan penilitian bersama,”sebut Dokter.

Jadi ia katakan, tidak harus satu program meniliti. Misalkan matematika hanya Matematika saja tidak bisa, maka harus ada hubungan matematika dengan ekonomi Syariah supaya konstribusi ilmu Matematika terhadap studi perbankan Syariah itu harus di koneksikan.

“Yang bisa melakukan interkoneksi antara Fakultas itu LP2M. Itu sebenarnya tujuannya menyelaraskan antara program yang dilakukan di LP2M dan yang ada di masing-masing Fakultas terutama di program studi,”ungkap Syaifuddin.

Saat disentil untuk target kedepan, Dr.  Syaifuddin menjelaskan, di Workshop ini targetnya mengkoneksikan dan menyeleraskan antara program di LP2M dengan program yang ada di masing-masing Fakultas.

Diketahui, kegiatan Workshop tersebut bertemakan “Penyusunan Anggaran dan pengabdian masyarakat Berbasis Prodi Pusat Penilitian dan Publikasi” ini  menghadirkan 26 orang peserta terdiri dari masing-masing Unit yaitu Dekan, wakil Dekan I, wakil Dekan II, Kasubag perencanaan keuangan. SPI, PLt Karo. Dan semua ketua jurusan dan perwakilan paskasarjana, serta panitia kegiatan Lp2m..#MA.

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!