banner 140x600
banner 140x600
SWARA DAERAH

Peringati HUT Ke-17, Pemkab Halbar Gelar Pawai Kirab Budaya

90
×

Peringati HUT Ke-17, Pemkab Halbar Gelar Pawai Kirab Budaya

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com – Halbar

Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat(Halbar), Provinsi Maluku utara(Malut), menggelar Pawai kirab budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)Ke 17 tahun 2020 yang di mulai dari Kantor Bupati Menuju Kantor Capil-SMP 2 – dHoek langsung ke depan masjid hatebicara dan berakhir di Kantor DPRD Halbar, Selasa(25/2/2020).

Kegiatan itu dilakukan sesaat sebelum upacara puncak dan Doa bersama di Kantor DPRD Halbar yang dihadiri langsung Oleh Bupati Halbar, Danny Missy dan Wabub Halbar Zakir Mando, Ketua DPRD Halbar Charles Gustan, Wakil Ketua I Robinson Missy, Wakil Ketua II Iksan Husain,Unsur Forkopimda dan pimpinan SKPD se Halmahera barat, Para pejuang pemekaran Halbar, Tokoh Agama, Pemuda, Tokoh Akademisi serta Insan pers.

Halmahera Barat dihuni berbagai etnis nusantara, dalam kegiatan itu terdapat delapan etnis yang mendiami Halmahera barat memeriahkan kirab budaya tersebut yakni etnis Bugis, etnis Muna dan Buton, etnis Papua, etnis Toraja, etnis Sumatera,Etnis Sunda dan etnis Dayak Kalimantan.

Setiap barisan kirab budaya menampilkan pakaian adat dan atraksi sesuai dengan nilai luhur budaya masing-masing saat melakukan konfoi menuju titik finis.

Bupati mengatakan, kirab budaya tersebut sebagai wujud kepedulian atau penghargaan terahadap semua etnis yang mendiami dan menjadi bagian dari perjalanan pembangunan di Halmahera barat.

“Sebagai pemerintah kami mendorong pengembangan dan penguatan kapasitas kelembagaan atau paguyuban etnis di Halmahera Barat,” katanya.

Untuk itu, Danny Missy meminta kepada etnis lain yang selama ini mendiami Halbar dan belum membentuk paguyuban atau organisasi kerukunan agar segera dibentuk agar mudah dalam koordinasi dalam setiap kegiatan atraksi budaya.

“Kami siap membantu dan mendorong pembentukan organisasi atau paguyuban kerukunan secara formal, karena Halmahera Barat merupakan milik semua etnis yang mendiami jazirah Malut yang berada dibagian Barat ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, seluruh pejabat dan undangan yang hadir menggunakan pakaian adat yang mencerminkan etnis yang mendiami Halmahera Barat, Hadir pula dalam acara tersebut Sultan Jailolo Ahmad Syah..#red

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!