banner 140x600
banner 140x600
EKONOMI/PEMBANGUNANSWARA DAERAH

Wakil Gubernur Malut Al Yasin Ali, Resmikan Bank Pembangunan Daerah Kantor Cabang Daruba

91
×

Wakil Gubernur Malut Al Yasin Ali, Resmikan Bank Pembangunan Daerah Kantor Cabang Daruba

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

PT. Bank Pembangunan Daerah Maluku Maluku Utara (Malut) terus memperkuat posisi sebagai bank pembangunan daerah dengan meningkatkan status kantor cabang pembantu (KCP) menjadi kantor cabang (KC) di kabupaten yang potensial.

Peningkatan status kantor tersebut salah satunya dilakukan di Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara (Malut). Kantor Bank Pembangunan Daerah Maluku Malut yang sebelumnya kantor cabang pembantu (KCP) resmi menjadi kantor cabang (KC), bertempat Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), Senin (16/12/2019) pukul 16.20 wit.

Foto Saat Memantau Ruang Bank BPD Kantor Cabang Daruba

Peresmian kantor cabang ini, d resmika oleh wakil Gubernur  Al Yasin Ali di dampingi oleh Bupati Pulau Morotai Benny Loas, Danlanal Pulau Mototai Kariadi Bangun, Wakapolres Kompol drh. Dedi Wijayanto, Kejari Kepulauan Pulau Morotai Supardi, Kepala Kemenag Hi. Hasyim Hamzah dan disaksikan oleh Direktur PT. Bank Pembangunan Daerah Maluku Malut Arif Burhan Waliulu, Kepala cabang Tobelo Joli Pulo, Kepala Cabang Daruba Pithyas Suila, dan Ibu Aprince Tutuhatunewa

Peningkatan status kantor cabang berdasarkan surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No S-430.06.04 2019 tanggal 16 Desember yang mempertegas SK Dir No 74/KPTS tanggal 13 Desember 2019 tentang peningkatan status Kantor PT. Bank Pembangunan Daerah Maluku Maluku Utara Cabang Pembantu Daruba manjadi Kantor cabang.

Foto Bersama Usai Memantau Ruangan Kantor Canang Daruba

Direktur Utama PT. BPD Maluku Malut Arif Burhan Waliulu mengatakan dengan peningkatan status ini pihaknya berharap dapat meningkatkan pelayanan dan penguatan kepercayaan nasabah untuk menabung di Bank BPD Maluku Malut cabang pulau morotai ini.

“Peningkatan status itu tidak lain adalah berkat kepercayaan masyarakat kabupaten Pulau Morotai dan dukungan Pemerintah Kabupaten Kabupaten,” kata Burhan.

Dia memaparkan, berdasarkan laporan keuangan Bank Pembangunan Daerah Cabang Daruba hingga 12 Deseber 2019 dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun sebesar Rp. 33,9 miliar, kredit Rp100 miliar lebih dengan total aset sebesar Rp158,7 miliar.

“Mudah-mudahan dengan peningkatan status menjadi cabang ini akan bertambah meningkatnya pelayanan dan dapat mengakomodir keinginan masyarakat pulau morotai,” ujarnya.

Sebagai cabang, kata Burhan, Bank BPD Maluku Malut Cabang Daruba juga akan terus fokus pada pengembangan perekonomian daerah setempat serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan kondisi dan tuntutan pelayan perbankan yang berbasis teknologi.

“Harapan kami ke depan pelayanan Bank Maluku Malut kantir Cabang Daruba juga dapat disetarakan dengan bank-bank besar berskala nasional. Dimana, kita juga suda dapat bertransaksi melalui smartphone dalam pengoperasian apliasih SMS Banking,” ucapnya.

Foto Penandatanganan Berita Acara Penyerahan Kantor Cabang Daruba

Sementara Bupati Pulau Mototai Benny Laos menyambut baik perubahan status Bank Daerah Maluku Malut cabang pembantu Daruba menjadi kantor cabang Daruba.

Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai juga mengapresiasi atas kinerja Bank Daerah Maluku Malut yang selama ini telah berkerja keras sehingga Bank Daerah Maluku Malut cabang pembantu berubah status kini menjadi cabang.

“Terima kasih atas ketutusan direksi meningkatkan bank daerah dari status cabang pembantu menjadi kantor cabang, ini menujukan komitmen yang serius dalam mengambil bagian dalam pembangunan kabupaten pulau morotai,” kata Benny.

Benny Laos, berharap peningkatan status ini dapat meningkatkan pelayanan perbankan di kabupaten Pulau Morotai selaku bank pembangunan daerah dapat mendorong sektor pembangunan dan pengembangan ekonomi di Kabupaten Pulau Morotai melalui berbagai program bantuan.

“Misalnya peningkatan pengembangan prekonomian di sektor pertanian, kalautan dan perikanan serta pariwisata,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Al Yasin Ali dalam sambutannya mengatakan, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka meresmikan kantor cabang dari kantor cabang pembantu (KCP) bank pembangunan daerah Maluku Malut menjadi kantor cabang (KC) Daruba.

“Jika peningatan status dari KCP ke KC Daruba, makan pelayanan harus benar-benar dapat di tingkatkan lebih baik lagi,” kata Wagub.

Wagub juga mengatakan, total investasi pemerintah daerah untuk Bank pembanguna daerah maluku malut terus mengalami peningkatkan. Meskipun investasi pemerintah daerah maluku utara sangat kecil bila di bandingkan dengan provinsi maluku yang mencapai 39 persen, namun angka itu tetus meningkat dari tahun ke tahun.

“Invetasi kita di bank daerah baru sebesar 5 persen dari total anggaran, itu ebih kecil bila di bandingkan dengan provinsi maluku yang mencapai 39 persen dari total investasi di bank pembanguna daerah maluku malut,” ujarnya.

Lanjut dia, untuk mendongkrak pertumbuhan ekomoni di bank pembangunan daerah maluku malut tidak lepas dari peran aktif pemerintah provinsi dan pemerintah daerah dalam meningkatkan jumlah nasabah di provinsi malut.

“Seluruh pegawai di Provinsi Malut semuanya menjadi nasabah Bank BPD, dan mereka menerima gaji melalui Bank BPD termasuk transaksi ATM. Dia juga berharap agar ASN di pulau morotai, pembayaran gajinya melakui bank BPD Maluku Malut,” harapnya.

Perlu diketahui sebelum pengguntingan pita sebagai tanda telah di resmikan kantor Cabang Daruba, di lalukan penandatangan berita acara penyerahan dari kepala kantor cabang pembantu (KCP) ke kepala Kantor Cabang Daruba (KC) sebagai tanda pengalihan status dari KCP ke KC Daruba..#amt / ADV

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!