banner 140x600
banner 140x600
Uncategorized

KPU Morotai, Tatapkan 23 Juli Jadwal Pleno Penetapan DPRD Terpilih

79
×

KPU Morotai, Tatapkan 23 Juli Jadwal Pleno Penetapan DPRD Terpilih

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulau Morotai akan mengadakan rapat pleno penetapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih periode 2019 -2024 pada Selasa 23 Juli 2019. Hal itu di katakan Devisi Taknis Arfandi Iskandar Alam pada wartawan di ruang ketua KPU Pulau Morotai, Minggu (21/07/2019).

Menurutnya, surat edaran dari MK nomor 1027 tentang penetapan anggota DPRD terpilih dan alokasi kursi hasil Pemilu 2019 tertanggal 19 Juli sudah diterima beberapa hari lalu.

“Terhitung paling lama lima hari kemudian kita harus menetapkan kursi maupun menetapkan calon. Bahkan, kita mengambil hari terakhir, jadi kalau dihitung dari 19 Juli, maka hari terakhir penetapan kita laksanakan di 23 Juli,” Kata Fan sapaan.

Lanjut dia, batas waktu penetapan anggota DPRD terpilih dan perolehan kursi DPRD tingkat kabupaten maksimal lima hari usai SK diterima. Selain itu, rapat persiapan pleno penetapan kursi berdasarkan rapat koordinasi dengan KPU provinsi malut mengacu pada PKUP No 14 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum.

“Penetapan dilaksanakan di hari terakhir agar secara administratif, KPU telah siap. Karena setelah itu, kami harus kemudian mengusulkan calon terpilih, sehingga kami mempersiapkan administrasi secara baik, berkas-berkas pencalonan, sehingga pada saat ditetapkan dan pasca pengusulan calon terpilih itu sudah tidak ada kendala,”Ungkapnya.

Dalam penetapan anggota DPRD terpilih yang akan digelar di Aulah Kantor DPRD pulau Morotai pada Selasa 23 Juli 2019, KPU Pulau Morotai mengundang pejabat di lingkungan Pemkab Pukau Morotai dan perwakilan semua parpol serta ormas dan pihak terkait.

“Untuk pengaman kita libatkan aparat kepolisian Polres pulau morotai dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan mulai dari awal pleno hingga akhir,”Tutupnya..#amt

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!