banner 140x600
banner 140x600
PENDIDIKAN/KESEHATANSWARA DAERAH

Tingkatkan Penguatan Inovasi Dan Pembuatan Picth Deck, Kemenristek Dikti Dan Fondasi Nasional Gelar Workshop Di Morotai

109
×

Tingkatkan Penguatan Inovasi Dan Pembuatan Picth Deck, Kemenristek Dikti Dan Fondasi Nasional Gelar Workshop Di Morotai

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI bekerja sama dengan Forum Pendanaan Inovasi Nasional (Fondasi Nasional) menyelenggarakan Workshop Penguatan Inovasi Dan Pembuatan Picth Deck, bertempat di Aulah Kantor DPRD Pulau Morotai, Jln. Siswa, Desa Darame, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel) Kabupaten Pulau Morotai.

Workshop ini, dilaksanakan di Kabupaten Pulau Morotai karena Universitas Pasifik (Unipas) dipercayakan sebagai tuan rumah dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, di mulai dari tanggal 4 – 5 Desember 2019.

Foto Rektor Perguruan Tinggi Negeri Maupun Swasta

Dalam kegiatan, dihadiri oleh seluruh pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dalam lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Maluku-Maluku Utara, Dr. Muhammad Bugis, M.Si, Kasubdit Pengembangan Sisiten dan Jaringan Inovasi Dari kementrian riser dan teknologi (Kemenristik) Wihatmoko Waskito Aji, Kepala Seksi Kebijakan Inovasi, Eko Kurniawa; Marasumber Nazmi Ahmad.

Kepala LLDIKTI Wilayah XII, Dr. Muhammad Bugis, M.Si, dalam sambutanya mengatakan, tercatat dari tahun Ke tahun inovasi industry di perguruan tinggi suda mulai meningkat termasuk di Maluku dan Maluku Utara. Dia menjelaskan, pihaknya terus mendorong perguruan tinggi untuk menciptakan inovasi yang bisa dihilirisasi.

“Kita dorong kolaborasi antara kampus, peneliti dan pengusaha agar mampu membawa hasil penelitian kalangan peneliti di kampus diwujudkan menjadi produk industri atau hilirisasi hasil penelitian yang bisa diterima di pasaran nasional maupun global,” katanya

Menurut dia, bahwa Perguruan Tinggi yang tidak punya inovasi maka Perguruan Tinggi tersebut patut dipertanyakan.

“Kedepan Perguruan Tinggi harus selalu berinovasi, jika tidak maka Perguruan Tinggi tersebut patut dipertanyakan eksistensinya,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Asrun Padoma, S.Ag.,M.Si, dalam sambutanya mengatakan, Pemda Pulau morotai mengucapkan terimakasih atas di selenggarakanya workshop Penguatan Inovasi & Pembuatan Picth Deck, Ini yang pertama di laksanakan oleh Kemenristek Dikti di Pulau Morotai.

“Dalam kegiatan ini, tidak saja hanya mendengar tapi dapat merealisasikan dengan inovasi-inovasi baru. Karena workshop seperti ini tidak saja dilakukan di indonesia melainkan di seluruh dunia. Tentunya temuan-temuan Ini, semua yang lahir dari perguruan tinggi,” kata Asrun.

“Karena perguruan tinggi memeliki peran yang sangat penting, dalam pengembangan temukan ilmiah,” tambahnya.

Menurutnya, Pemda Pulau Morotai merasa terhormat dgn dilaksanakannya kegiatan Workhsop ini di Morotai.

Lanjut dia, kegiatan semacam ini selain harus dihadiri oleh seluruh sivitas akademika juga penting diikuti oleh SKPD di lingkup Pulau Morotai agar memberikan pengetahuan terkait dengan inovasi-inovasi terbaru yang manfaatnya berdampak langsung pada masyarakat Kab. Pulau Morotai.

Sementara itu, Sulami Sibua, S.Pd.,M.Pd, Rektor UNIPAS Morotai saat ditemui dalam kegiatan Workshop, menyampaikan bahwa semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa semakin memicu Perguruan Tinggi agar kedepan lebih berinovasi.

“Semoga Workshop Pengembangan Inovasi ini sebagai langkah pijakan untuk seluruh perguruan tinggi dalam mengembangkan inovasi-inovasi Perguruan Tinggi sebagai upaya pengembangan mutu dan kompetensi dosen dan mahasiswa, khususnya di Unipas Morotai,” harap Sulami..#amt/Promo

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!