banner 140x600
banner 140x600
Uncategorized

BKIPM Ternate, Gelar Sosialisasi Tentang Permen KP Pada Siswa Siswi Morotai

155
×

BKIPM Ternate, Gelar Sosialisasi Tentang Permen KP Pada Siswa Siswi Morotai

Share this article
banner 336x280

Swaramalut.com, Morotai

Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Ikan (KHPI) Ternate gandeng Tim Penggerak PKK Kab. Pulau Morotai menggelar Sosialisasi dan Edukasi tentang beberapa peraturan menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan (KP) Pada siswa siswi SMK dan SMA.

Sebelum kegiatan sosialisasi dilaksanakan rombongan BKIPM bersama ketua Tim Penggerak PKK Sherly Djoanda di sambut oleh siswa siswi SMA N 1 dengan tarian cakalele bertempat di depan SMA Negeri 1 Daruba dan di lanjutkan sosialisasi bertempat di aulah SMA N 1 Daruba, Rabu (24/07/2019).

Wakil Kepala Sekolah SMA N 1 Pulau Morota, Asriyadi Candra, mengatakan pihaknya mengucapkan banyak terim kasih kepada BKIPM bersama ketua tim Penggerak PKK yang memilih SMA Negeri 1 sebagai tempat melaksanakan sosialisasi tentang Permen KP di tempat kami ini. Karena menurut dia, sosialisasi yang di gelar berkaitan erat dengan Visi Misi SMA N 1 Pulau Moroai salah satunya” Peduli Terhadap Lingkungan”.

“Untuk itu, Kegiatan ini kami sangat antusiasi dan menyambut baik, semoga kegiatan-kegiatan seperti ini tidak dilakukan hari ini saja melainkan tetap berlanjut dikemudian hari,”Kata Asriadi.

Sementara Kepala BKIPM Dan KHPI Ternate Abd Kadir, menyampaikan
bahwa Kabupaten Pulau Morotai saat ini menjadi “Primadona” titik perhatian Pemerintah Pusat, dikarenakan Morotai menjadi salah satu titik gerbang pendapatan ikan dan kaya akan ekosistem laut.

“Untuk memperhatikan bahwa morotai sebagai primadona perlua memperhatikan peraturan menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan (KP) No. 41 Tahun 2014 tentang larangan memasukkan jenis ikan berbahaya dari luar negeri kedalam kewilayah Republik Indonesia,”Kata Kadir.

Selain permen Kp No 41 masih ada lagi Permen KP No.56 Tahun 2016 tentang larangan menangkap dan/ atau mengeluarkan lobster, kepiting dan rajungan dari wilayah Republik Indonesia.

“Saya mengajak marilah kita mencintai daerah kita, terutama komoditi perikanan dan kelestarian Ekosistem Laut seperti Lobster (Panulirus Spp.), Kepiting (Scylla Spp.), Dan Rajungan (Portunus Spp.) dari wilayah yang kita cintai ini dan semoga Morotai akan menjadi Pintu Gerbang Indonesia Timur,” ucapnya.

Bahkan dia mengajak, agar kita fokus untuk menjaga kelestarian ikan dan perikanan di Morotai dan juga patut kita berikan apresiasi karena Morotai sudah terbukti mampu mengexpor ikan dari Morotai keluar negeri itu dapat mengangkat derajat Maluku utara.

“Kami berharap kekayaan ekostem laut tetap terjaga dan berkembang secara cepat dan maksimal, agar pendapatan di sektor perikanan terus meningkat,”tuturnya..#amt

banner 336x280
banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!